Pemasaran
Online Menggunakan Media Sosial
·
Pengertian sosial media
Sosial
media adalahsebuah media online dimana para penggunanya dapat denagan mudah
berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial , wiki ,forum dan dunia
virtual.
·
Pengertian Viral marketing
Viral
marketing adalah sutu bentuk
strategi pemasaran modern yang menjanjikan
ketenaran produk yang dipasarkan , dengan melihat tingginya animo
masyarakat yang selalu tehubung koneksi internet untuk meng akses .
·
Pemanfaatan Viral marketing
Pemsaran
viral dilakukan dengan cara menyebarkan informasi melalui pemanfaatan database
pengguna internet berstatus (free) yang telah terdaftar dan digunakan secara
masal. Contoh : yahoo, hotmail, gmail dll.
·
Tujuan dari pemasar
Menarik
perhatian pelanggan dalam menciptakan program firal marketing yang sukses
adalah untuk menbuat pesan firal yang menarik bagi individu dengan potensi
jaringan sosial potensialdamn memiliki probabilitas tinggi yang dijadikan dan
disebarkan oleh orang – orang dan pesaing mereka dalam komunikasi dengan orang
lain dalam waktu singkat.
·
Hal yang harus diperhatikan
Kita
harus memperhatikan peryataan yang tidak tepat yang mengatakan bahwa “free”
setiap file yang kita download adalah benar – benar gratis tanpa biaya, karena
disisipkan iklan yang menggoda didalamnya yang dikategorikan virus yang akan
mempengaruhi sikap anda .
·
Media yang sering dilibatkan dan
dimanfaatkan oleh viral marketing :
a. Layanan
partisipasi pelanggan dan polling .
b. Kontribusi
organisasi indusrti khusus.
c. Mesin
pencari dan blog.
d. Integrasi
smartphone ponsel
e. Beberapa
bentuk cetak dan pemasaran langsung.
f.
Layanan web target pemasaran
g. Search
engine optimization (SEO)
h. Sosial
media optimasi (SMO)
i.
Televise dan radio
·
Perinsip target pemasaran viral :
a. Berkumpulnya
profil dalam media
b. Kedekatan
analisis pasar
c. Analisil
real time ketepatan kata kunci.
·
Macam – macam pemasaran melalui media
sosial
Facebook
adalah sebuah platform khusus yang populer digunakan untuk hiburan maupun
bisnis .Anda harus membuat
strategipemasasran facebook yang tertalkulasi dieksekusi dengan baik dan tepat.Jika
anda baru menmulai bisnis anda maka anda berhutang
Untuk
melihat kesempatan yang tersedia bagi anda di sosial media . setelah pengunjung
anda mulai mengikuti anda baik pada
halaman bisnis facebook dan di website amda maka anda akan memperoleh hasil.
Ketika mereka ingin berinteraksi dengan anda maka anda akan dapat menyajikan produk anda pada
mereka.
·
Hal yang harus diperhatikan :
1) Gunakan tab customized ketika
kita membuathalaman bisnis di facebook maka kita dapat melihatbahwa halaman
bisnis dilengkapui dengan sejumlah tab yang dapat disesuaikan.
2) Tujuan dari halaman kita
harus memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan pemasaran produk kita. Hal
ini bertujuan untuk mendapatkan reaksi yang positif dari penggunaan facebook
untuk bisnis kita.
3) Mengubah urutan tab facebook kita
harus mengatur mengatur urtan tab anda terlebih dahulu untuk membuat logis
dalam pndangan calon planggan.
4) Konsistensi dalam posting konten kita
harus menjaga konsistensi dalam posting isi halaman . kita harus sering log in
dan memperhatikan tampilan dan fitur – fitur platfromdan harus berkonsisten
mengenai kehadiran anda di medi sosial ini.
5) Tetapkan tujuan yang realistis
Kita harus berfikiran realistis dengan
penggemar anda yang penting kita harus mulai terlebih dahulu dari yang terkecil
untuk pencapaian yang besar untuk masa yang akan dating.
6)
Luangkan
sedikit waktu anda sisihkanlah
waktu anda paling tidak 1 jam untuk melakuykan posting facebook tentang bisnis
anda.
7)
Pelajari
sebayak yang anda mampu ambil catatan berdasarkan
pengalaman anda dengan halaman facebook dan layanan bisnislainnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar