Pemasaran Online Iklan Pay Per Click (PPC)

Iklan Pay Per Click (PPC)


 Pay Per Click (PPC) atau Biaya per klik dalam bahasa Indonesia, merupakan sistem pengiklanan  menggunakan media internet, dimana pemasang iklan akan dikenai biaya ketika pengguna internet meng-klik  iklan yang ditampilkan pada halaman web.
Langkah - langkah jika Anda ingin beriklan menggunakan biaya per klik :
a. Membuat konten dari iklan yang akan ditawarkan.
b. Membuat salinan iklan yang akan ditampilkan.
c. Menentukan lokasi atau tempat iklan ditampilkan dalam web.
d. Memilih kata kunci yang digunakan agar iklan dapat ditampilkan.
e. Mengatur biaya yang harus dikeluarkan setiap iklan yang diklik.
Sedangkan langkah-langkah yang dilakukan oleh penyedia iklan biaya per klik(platform PPC):.
a. Melakukan pengecekan iklan sesuai aturan(pedoman editorial).
b. Menampilkan iklan sesuai dengan permintaan pencarian(kata kunci) atau kriteria yang lain.
c. Menentukan peringkat atau posisi iklan berdasarkan tawaran maksimum pengikla danketerkatian / relevansi iklan yang meliputi klik per tayang(click-through rate [CTR]), salinan iklan, kata kunci dan halaman
arahan/web yang dituju dengan relevansi pencarian.Jenis Iklan PPC pada Adwords atau yang lainnya biasanya berupa teks (ditampilkan berupa teks pada iklan Search, Display dan Social Networks)

Iklan Text PPC mengikuti struktur dasar yang sama yaitu:
Kepala(header)
Dua baris salinan iklan, yang dapat ditampilkan pada satu
baris
www.DisplayURL.com
(tujuan URL)
Jenis

URL(Uniform Resource Locator) yang ditampilkan (URL display) belum tentu URL yang pengguna akan klik dan menuju ke suatu halaman web (URL tujuan). URL display kadang-kadang juga disebut vanity URL. URL display harus domain yang sama dengan URL tujuan. Google akan hanya menampilkan satu iklan per URL tampilan.Ketika kalian membuat sebuah iklan teks PPC, kalian akan dibatasi dalam penggunaan karakter. Berikut adalah pedoman editorial dari Google AdWords.
a. Kepala(heading): maksimum 25 karakter.
b. Line 1: maksimum 35 karakter.
c. Baris 2: maksimum 35 karakter.
d. URL Tampilan: maksimum 35 karakter.
e. Tidak ada tanda seru berulang.
f. Tidak ada kata ditulis dalam huruf besar semua.
g. Tidak ada kata-kata omong kosong dapat digunakan.
h. Tidak ada klaim "terbaik", "nomor satu" atau superlatif dapat digunakan kecuali dapat diverifikasi oleh    pihak ketiga.
i. Nomor produk dapat digunakan

Sebuah iklan Facebook terdiri dari.
a. Judul (25 karakter maksimum), yang terkait dengan URL tujuan (atau Facebook destination).
b. Gambar (110 x 80 piksel).
c. Badan teks (135 karakter maksimum).
d. konteks sosial, yang memungkinkan pengguna lain untuk melihat iklan yang ditampilkan oleh teman kita.

2. Optimasi PPC

a. Memilih kata kunci yang tepat
Ketika kalian akan beriklan menggunakan PPC maka mesin pencari membutuhkan kata kunci sebagai acuan. Kalian harus dapat membuat daftar kata kunci yang tepat.
1) Luas (Broad)
Dengan cara ini, iklan kalian akan muncul sesuai dengan kata kunci yang dimasukan, mengandung kata kunci tersebut dan kata-kata dengan urutan apa pun, serta beberapa variasi kata kunci (salah eja dan sinonim).
2) Frasa(Phrase)
Pencocokan frasa, dilambangkan dengan tanda kutip pada kata kunci( "Frasa match") berarti iklan Anda akan muncul hanya untuk istilah pencarian yang memiliki kata kunci yang ada di dalamnya, dalam urutan yang sama, meskipun kata lain mungkin juga berada dalam istilah pencarian.
3) Sama persis(Exact)
Sama persis, dilambangkan dengan tanda kurung siku ([sama persis]), berarti iklan tersebut hanya akan muncul untuk istilah pencarian sama persis dengan kata kunci yang dipilih.
4) Negatif(Negative)
Pencocokan negatif, dilambangkan dengan menggunakan tanda dash di depan kata kunci(-negatif), berarti iklan Anda tidak akan muncul dalam pencarian menggunakan kata itu, tidak peduli apa kata-kata lain yang
digunakan.

b. Bahasa dan lokasi iklan
Saat beriklan, kalian dapat melakukan pemilihan lokasi/geografis dan bahasa, atau disebut geo-targeting, Penargetan ini bertujuan agar kalian tahu bahwa lalu lintas website yang kalian miliki berasal dari pengguna internet yang relevan yaitu berdasarkan lokasi dan bahasa yang mereka gunakan.

c. Perilaku dan demografi
Iklan PPC juga dapat ditargetkan berdasarkan perilaku pribadi. Dengan Iklan Facebook, iklan dapat ditargetkan berdasarkan profil orang(demografi), pengaturan dan perilaku yang dilakukan di Facebook. Kalian dapat  menargetkan iklan berdasarkan beberapa hal berikut.
1) Jenis Kelamin
2) Lokasi
3) Status hubungan
4) Kelompok Umur
Anda juga dapat menargetkan berdasarkan.
1) Suka dan kepentingan
2) Interaksi dengan merek/produk

d. Menambah ekstensi advert
Google khususnya sering bereksperimen dengan cara-cara menambah informasi untuk iklan PPC. Ini disebut sebagai Ekstensi Iklan. Untuk pengiklan PPC, Ekstensi Iklan menawarkan cara untuk mendapatkan informasi tambahan yang ditampilkan pada iklan PPC tanpa mempengaruhi batas iklan salinan standar. Saat ini, Google menawarkan lima ekstensi Iklan PPC teks yaitu.
1) Perluasan Lokasi
2) Sitelinks Iklan
3) Ekstensi Telepon
4) Ekstensi produk
5) Penjual ratings ekstensi

e. Penawaran dan peringkat
Seorang pengiklan PPC harus menentukan nilai maksimum pembayaran setiap iklan yang diklik dan memutuskan nilai tawaran tersebut untuk setiap kata kunci yang dimasukkan untuk iklan. Tawaran ini disubut CPC(Cost per Click) maksimum, atau CPC Maks, Setiap kali permintaan pencarian data dimasukkan, mesin pencari menjalankan lelang untuk menentukan iklan mana yang akan ditampilkan berdasarkan penawaran tertinggi, lokasi dan kata kunci. Lelang ini dikenal sebagai Generalised Second Price
(GSP), yang merupakan variasi pada lelang Vickrey.Penting bagi kalian untuk menjaga Skor seluruh akun yang dimiliki berkualitas baik karena mempengaruhi peringkat dan biaya per klik. Angka mutu ditentukan oleh faktor-faktor antara lain:
1) Relevansi kata kunci untuk istilah pencarian.
2) Relevansi salin iklan tersebut ke istilah pencarian.
3) Relevansi halaman website arahan dengan istilah pencarian.
4) Track Record CTR(clickthrough rates) iklan tersebut.

f. Konversi dan harga klik-tayang
Mesin pencari dalam menentukan iklan yang akan ditampilkan melihat faktor lain seperti relevansi, tujuannya adalah mencoba memastikan bahwa tidak hanya yang berkantong tebal yang dapat di posisi teratas sebagai pengiklan.Mesin pencari memastikan bahwa pengguna menemukan iklan yang relevan.

g. Website tujuan
Iklan PPC tidak hanya tentang menciptakan iklan dan penawaran untuk kata kunci. Proses berlanjut setelah seorang pengguna internet mengklik iklan. Halaman yang pengakes iklan tuju, dengan mengklik sebuah iklan disebut halaman arahan. Halaman arahan dapat membuat atau menghancurkan kampanye iklan.Penyebabnya buruk dalam tampilan dan target yang tidak jelas. Kampanye PPC akan mengirim semua pengguna ke halaman depan web. Kampanye convert yang akan memastikan bahwa pengguna mendarat di halaman yang relevan dengan apa yang konsumen inginkan.

h. Pelacakan
Pelacakan konversi biasanya dilakukan dengan pixel pelacakan kecil yang ada di konversi halaman konfirmasi dari website. Google AdWords menawarkan konversi tag pelacakan, yang memungkinkan Anda untuk melaporkan pada AdWords kampanye melalui konversi. Dalam rangka untuk melacak banyak jaringan lain, diperlukan, pelacakan pihak ketiga misalnya www.wordtracker.com. Jika Anda mengirimkan lalu lintas ke website yang menggunakan Google Analytics, Anda dapat menggunakan pelacakan kampanye untuk melacak dan melaporkan kampanye yang mengarahkan lalu lintas ke website.

3. Menyiapkan Kampanye PPC
a) Perencanaan
Agar kampanye Anda sukses. Anda perlu melakukan analisis online dan offline dari bisnis/produk yang akan ditawarkan, tujuan/target, demografi pelanggan, pesaing, dan cara beriklan atau ukuti acuan 5W1H (what, when, where, who, why dan how) misalkan.
1) Apa yang akan Anda jual.
2) Merek apa yang harus Anda gunakan.
3) Apa yang dilakukan pesaing untuk pemasaran online dan dimana mereka beriklan.
4) Bagaimana konsumen mengetahui dan mencari tahu akan produk yang kita tawarkan
5) Apakah tujuan website yang Anda buat? Menjual produk lebih banyak?Mendidik konsumen akan produk?meningkatkan kesadaran akan merek? membangun database marketing melalui pendaftaran newsletter?.
b) Anggaran
Tentukan seberapa banyak Anda bersedia menghabiskan anggaran untuk mencapai tujuan Anda(biaya per action). Putuskan berapa banyak anggaran Anda untuk kampanye PPC atau beriklan/berpromosi. Anda juga dapat memanfaatkan sebuah tool untuk menghitung anggaran dalam melakukan kampanye PPC misalnya pada alamat http://www.ppcbudget.com/ppc-roi-calculator/
Ketika Anda melaksanakan sebuah iklan PPC agar Anggaran Anda dapat
dihemat ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu.
a) Jangan melakukan penawaran untuk berada di posisi teratas, selama
posisi iklan Anda berada di antara posisi 2 dan 4 maka iklan Anda akan
tetap ditayangkan dan ada kemungkinan di klik sehingga biaya yang
dikeluarkan tidak terlalu besar.
b) Pengaturan waktu. Anda harus mengatur iklan Anda tampil pada waktu
yang tepat dan jam yang tepat pula contoh kalau Anda menjual produk
antar makan siang maka aturlah iklan Anda tampil untuk jam makan siang.
c) Pengaturan lokasi. Pastikan Anda mengatur lokasi sesuai dengan target
yang diharapkan jika konsumen Anda dari bandung, aturlah untuk daerah
bandung sebagai batasannya.
d) Kata Kunci
Anda perlu menentukan kata kunci apa yang konsumen cenderung
gunakan ketika mencari layanan yang Anda tawarkan. Seiring dengan itu,
Anda perlu tahu.
c) Memilih platform PPC
Ada beberapa teori bahwa platform PPC yang berbeda lebih baik untuk industri yang berbeda pula, misalnya, bahwa Yahoo! memberikan tarif yang lebih murah dari Google untuk iklan travel. Namun, hal ini adalah subyektif, Sebagian besar pengiklan besar biasanya akan menjalankan kampanye PPC pada sejumlah platform. Ada beberapa perbedaan kecil setiap platform dalam hal kebijakan editorial, dan masing-masing sistem memiliki antarmuka pengguna yang berbeda.
d) Melakukan pengujian, pelacakan, pengukuran iklan
Iklan yang Anda buat harus di uji untuk mengetahui tingkat keberhasilannya. Setelah proses pengujian dan iklan Anda mulai tayang,Iklan tersebut perlu dilacak dan diukur untuk mengetahui tingkat keberhasilan iklan Anda terhadap produk yang dijual.

4. Konsep Adwords
Salah satu mesin pencari terbaik saat ini adalah Google, Dengan mesin pencari Google, Anda dapat mencari informasi apa saja yang kalian butuhkan dan menampilkan daftar hasil pencarian disertai dengan iklan yang ditawarkan sesuai dengan kata kunci.

 Keuntungan beriklan dengan Google AdWords
Beberapa hal penting yang membedakan AdWords dari jenis periklanan
lainnya yaitu.
1) Menjangkau orang-orang pada waktu yang tepat saat mereka menelusuri apa yang Anda tawarkan
a) Iklan Anda akan ditampilkan kepada orang-orang yang telah menelusuri jenis produk dan layanan yang Anda tawarkan. Sehingga orang-orang tersebut lebih cenderung untuk mengambil tindakan.
b) Anda dapat memilih tempat iklan ditampilkan, pada website dan pada area geografis tertentu (negara bagian, kota, atau bahkan RT/RW).
c) AdWords menjangkau 80% pengguna Internet di Amerika. Itu merupakan pangsa pasar yang besar serta mesin pencari Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh penffuna internet.
2) Kontrol anggaran
a) Anda hanya dikenakan biaya saat seseorang mengklik iklan, bukan saat iklan ditampilkan dengan menggunakan penawaran biaya per klik,
b) Anda memutuskan jumlah (banyak atau sedikit) yang ingin dibelanjakan setiap bulannya dan Anda tidak akan ditagih melebihi jumlah itu.
c) Tidak ada komitmen pembelanjaan minimum.
3) Lihat dengan cermat apa yang berfungsi pada iklan Anda dan kembangkan
a) Lihat laporan mengenai kinerja iklan Anda, lihat berapa banyak pelanggan baru yang terhubung ke bisnis Anda dari iklan, tempat asal mereka, dan detail lainnya.
b) Gunakan alat AdWords untuk mengedit dan meningkatkan iklan Anda, serta meningkatkan jumlah calon pelanggan yang menghubungi bisnis Anda.
c) Mudah untuk memulai, menjeda atau berhenti. Tanpa ikatan.

b. Cara kerja AdWords
Untuk memahami cara kerja AdWords, Ada beberapa elemen dasar yang harus Anda pahami yaitu.
1) Kata Kunci
Kata kunci adalah kata atau frasa yang Anda pilih untuk dapat memicu iklan Anda agar tampil di penelusuran dan website jaringan Google lainnya. Beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika memilih kata kunci untuk
kampanye PPC.
a) Buat grup iklan
b) Pilih kata kunci yang akan digunakan pelanggan untuk mendeskripsikan produk atau layanan dan kata kunci yang berkaita satu sama lain.
2) Tempat iklan dapat tampil
Beberapa tempat iklan dapat tampil yaitu.
a) Website non penelusuran
Kata kunci dapat memicu iklan Anda agar muncul pada hasil penelusuran Google dan website penelusuran lainnya.
b) Google Penelusuran dan website penelusuran lainnya
Bila Anda menggunakan kata kunci untuk menargetkan iklan, Anda memilih sekumpulan kata kunci yang terkait dengan produk atau layanan yang ingin di iklankan.iklan teks dapat muncul di samping, dibawah atau di atas hasil penelusuran yaitu pada.
(1) Website penelusuran Google.
(2) Website penelusuran lain yang merupakan bagian dari jaringan penelusuran.
(3) Penelusuran seluler.
3) Peringkat Iklan
Peringkat Iklan adalah Cara Google menentukan iklan mana yang muncul dalam posisi seperti apa, Jika beberapa pengiklan menggunakan kata kunci yang sama untuk memicu iklan mereka atau ingin iklan mereka
tampil pada website yang sama.Adapun penempatan iklan berdasarkan peringkat yaitu.
a) Penempatan "teratas" (bagian atas).
b) Penempatan "Lain" (bagian samping atau bawah).

4) Penawaran dan Angka Mutu
Tawaran dan Angka Mutu dapat bekerja berbeda di berbagai jenis kampanye. Dengan iklan bertarget kata kunci di Google dan mitra penelusurannya, tawaran Anda akan menjadi tawaran biaya per klik maksimum Anda, jumlah maksimum yang bersedia Anda bayar untuk setiap klik di iklan Anda. Angka Mutu Anda didasarkan pada relevansi kata kunci, kualitas halaman yang dituju, rasio klik-tayang (RKT) iklan, yang
disesuaikan untuk posisinya di halaman tersebut dan beberapa faktor lainnya.Untuk iklan bertarget penempatan di Google Display Network yang menggunakan Penawaran biaya per seribu tayangan (BPS), Angka Mutu Anda didasarkan pada kualitas halaman yang dituju. Ada sejumlah variasi, tetapi umumnya tetap sama.Dengan meningkatkan faktor-faktor berikut, Anda dapat membantu meningkatkan Angka Mutu dengan cara.
a) Rasio klik-tayang (RKT) yang diharapkan dari kata kunci Anda.
b) RKT URL tayangan Anda sebelumnya. Seberapa sering Anda menerima klik dengan URL tayangan.
c) Riwayat akun Anda: RKT keseluruhan dari semua iklan dan kata kunci di akun Anda.
d) Mutu halaman website Anda. Seberapa halaman Anda relevan, transparan, dan mudah untuk dijelajahi.
e) Kata kunci/relevansi iklan Anda. Seberapa relevan kata kunci dengan iklan Anda.
f) Kata kunci/relevansi penelusuran. Seberapa relevan kata kunci dengan apa yang ditelusuri pelanggan.
g) Kinerja geografis. Seberapa berhasil akun Anda di wilayah yang Anda targetkan.
h) Kinerja iklan Anda di suatu website. Seberapa baik kinerja iklan Anda di website ini dan website serupa (jika Anda menargetkan Display Networ).
i) Perangkat yang ditargetkan. Seberapa baik kinerja iklan Anda pada berbagai jenis perangkat, seperti desktop/laptop, perangkat seluler, dan tablet.
   Angka Mutu digunakan dalam beberapa cara dan dapat mempengaruhi hal-hal berikut di akun Anda.
a) Kelayakan lelang iklan. Angka Mutu yang lebih tinggi membuat lebih mudah dan murah bagi kata kunci untuk memasuki lelang iklan.
b) Biaya per klik (BPK) aktual kata kunci Anda.
c) Taksiran tawaran halaman pertama kata kunci Anda.
d) Taksiran tawaran halaman bagian atas kata kunci Anda.
e) Posisi iklan.
f) Kelayakan untuk ekstensi iklan dan format iklan lainnya.
  Mutu yang lebih tinggi dapat meningkatkan kemungkinan iklan Anda ditampilkan dengan ekstensi dan format lainnya.
c. Cara pembayaran AdWords
Cara pembayaran AdWords memiliki banyak pilihan yang tersedia diantaranya.
1) Pembayaran otomatis
2) Pembayaran manual
3) Faktur bulanan
d. Cara biaya dihitung di AdWords
Misalnya, Anda mungkin memilih untuk membayar atas tindakan berikut.
1) Frekuensi iklan Anda ditayangkan.
2) Setiap kali salah satu iklan Anda menerima klik.
3) Setiap kali orang-orang melakukan tindakan tertentu di website Anda setelah mengklik salah satu iklan Anda.
e. Alat pembayaran
Anda dapat membayar dengan kartu kredit, debit, rekening bank, atau transfer uang ke Google. Masing-masing negara menawarkan bentuk pembayaran yang berbeda, jadi pastikan untuk memeriksa bentuk pembayaran yang tersedia di lokasi Anda.
f. Penagihan
Pada pembayaran otomatis, Google menagih biaya iklan Anda setelah 30 hari penagihan otomatis terakhir atau setiap kali akun Anda mencapai jumlah yang telah ditetapkan sebelumnya yang dikenal sebagai ambang penagihan.
g. Iklan dan persetujuan
Semua iklan Google AdWords melewati proses persetujuan untuk memastikan iklan tersebut aman dan sesuai bagi pengguna.Berikut adalah beberapa contoh kebijakan website Google.
1) Kurangnya konten unik pada website Anda
2) Masalah teknis pada website Anda
3) Pengalaman pengguna yang menyesatkan
Google akan memberikan salah satu dari beberapa status persetujuan untuk iklan Anda selama dan setelah peninjauan untuk mengetahui apakah iklan mematuhi kebijakan periklanan atau tidak. Beberapa status persetujuan yaitu.
1) Status yang dapat memungkinkan iklan Anda berjalan.
2) Status yang dapat memungkinkan iklan Anda berjalan dengan batasan.
3) Status yang dapat mencegah iklan Anda berjalan.

5. Menggunakan Adwords
Untuk beriklan dengan Google AdWords, Anda perlu memiliki website sendiri untuk promosi. Iklan online Anda akan ditautkan ke website ini dan Anda dapat menggunakannya sebagai peluang untuk memberi tahu lebih banyak tentang bisnis Anda kepada pelanggan. Jika belum memiliki website, Anda dapat membuatnya secara gratis menggunakan Google Sites. Jika Anda tidak menginginkan website, opsi alternatifnya adalah membuat halaman Google Business Places.
a) Membuat website dengan Google Sites
Google Sites adalah aplikasi online gratis yang menjadikan pembuatan website semudah mengedit dokumen.
Berikut ini cara membuat website baru.
1) Kunjungi www.google.com/sites.
2) Masuk dengan Akun Google Anda. Jika Anda tidak memiliki akun, klik Daftar ke Sites dan ikuti langkah-langkah untuk membuat Akun Google.
3) Klik tombol Buat website baru untuk memulai.
4) Namai website Anda. Setelah Anda memasukkan nama, URL akan dibuat secara otomatis dalam kotak. (Perhatikan: Saat Anda membuat akun AdWords, Anda harus memasukkan URL ini di langkah #2.)
5) Masukkan deskripsi singkat tentang website Anda (langkah ini opsional).
6) Di samping Bagikan dengan, pilih tombol Semua orang di dunia dapat melihat website ini, sehingga siapa pun dapat melihat website Anda.
7) Pilih tema website (tata letak website). Untuk melihat tema yang lain, klik Tema lainnya...
8) Klik Buat website.
b) Memulai penggunaan AdWords
Berikut ini cara memulai program periklanan online Google dalam tiga langkah
dasar.
1) Membuat akun
Anda dapat membuat akun AdWords baru kapan saja dengan mengunjungi beranda AdWords di https://adwords.google.com.
Apabila Anda sudah memiliki
Akun Google misalnya Gmail, Anda dapat menggunakan alamat surat
elektronik dan sandi akun tersebut untuk mengakses Adwords. Caranya.
(a) Kunjungi beranda AdWords di https://adwords.google.com.
(b) Masuklah dengan memasukkan sandi dan alamat email Akun Google Anda atau nama pengguna Gmail Anda.
(c) Pilih negara dan zona waktu yang Anda inginkan untuk akun Anda. Karena Google menetapkan penagihan dan statistik berdasarkan zona waktu yang Anda pilih, harap pilih dengan cermat. Anda hanya dapat mengubah zona waktu satu kali setelah penyiapan ini.
(d) Pilih mata uang yang ingin Anda gunakan untuk akun. Tagihan Anda akan menggunakan mata uang ini dan ini juga akan digunakan pada laporan kinerja Anda. Anda tidak dapat mengubah mata uang setelah
penyiapan ini.
(e) Klik Lanjutkan.
(f) Cari surat elektronik verifikasi di alamat email yang baru saja Anda gunakan untuk mendaftar ke AdWords.
(g) Klik tautan verifikasi di email untuk mengaktifkan akun Anda.
Jika Anda belum menggunakan produk Google lainnya Anda hanya
membutuhkan alamat email yang aktif untuk memulai. Caranya.
(a) Kunjungi website AdWords di https://adwords.google.com.
(b) Klik Mulai sekarang.
(c) Pada halaman Buat Akun Google, pilih tombol di samping Saya tidak menggunakan layanan lainnya tersebut.
(d) Masukkan alamat surat elektronik yang aktif beserta sandinya. Sebaiknya Anda memilih sandi yang rumit. Hal ini memberikan perlindungan yang lebih baik pada akun dari pembajak.
(e) Masukkan huruf terdistorsi pada kotak di bawah informasi sandi.
(f) Klik Buat Akun.
(g) Pilih negara dan zona waktu yang Anda inginkan untuk akun Anda. Karena Google menetapkan penagihan dan statistik berdasarkan zona waktu yang Anda pilih, harap pilih dengan cermat. Anda hanya dapat mengubah zona waktu satu kali setelah penyiapan ini.
(h) Pilih mata uang yang ingin Anda gunakan untuk akun. Tagihan Anda akan menggunakan mata uang ini dan ini juga akan digunakan pada laporan kinerja Anda. Anda tidak dapat mengubah mata uang setelah
penyiapan ini.
(i) Klik Lanjutkan.
(j) Cari email verifikasi di alamat email yang baru saja Anda gunakan untuk mendaftar ke AdWords.
(k) Klik tautan verifikasi di email untuk mengaktifkan akun Anda.

2) Membuat iklan pertama
Setelah Anda membuat akun dan mengonfirmasikan email, Google akan mengarahkan Anda langsung ke halaman tempat Anda dapat menyatukan iklan pertama. Ini adalah kesempatan Anda untuk menjadi kreatif

1 komentar: