Pengertian Email marketing
Email marketing adalah teknik pemasaran menggunakan media internet dan surat elektronik dengan tujuan menjalin hubungan dan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan.
Alasan mengapa surat elektronik menjadi salah satu teknik pemasaran yaitu :
- Cepat dan sederhana.
- Jangkauan
- Hemat
- .Membangun/menjalin hubungan, dengan mengirim surat elektronik kepada konsumen secara teratur dari waktu ke waktu.
- Meningkatkan trafik(tingkat/banyaknya kunjungan pengguna)
- Surat elektronik promosi(email promotion) adalah alat komunikasi berupa surat elektronik yang dirancang dan dibuat berdasarkan tujuan tertentu.
- Retention based emails(newsletter/nawala)Merupakan alat komunikasi berupa Surat elektronik yang digunakan dalammemberikan informasi mengenai perusahaan, baik menyangkut produk, orang yang terlibat, serta informasi lain.
- Preheader
Preheader adalah satu atau dua baris teks yang ditampilkan di bagian atas surat elektronik(header). - Header
Bagian header terdiri dari "ke(To)", "dari(From)" dan "membalas(Reply)",pada bagian ini dapat dipergunakan untuk membangun hubungan dengan konsumen. - Subyek Line Bagian/Baris subjek dapat menjadi bagian terpenting dari surat elektronik baris subjek membantu pembaca dalam mengidentifikasi surat elektronik, dan juga menarik pembaca untuk membukanya.
- Subyek Line
Bagian/Baris subjek dapat menjadi bagian terpenting dari surat elektronik baris subjek membantu pembaca dalam mengidentifikasi surat elektronik,dan juga menarik pembaca untuk membukanya. - Personalisasi Ucapan Dengan basisdata yang memiliki kemampuan untuk menyimpan nama pembaca, maka dapat dimungkinkan untuk melakukan personalisasi ucapan dari surat elektronik .
- Body(tubuh)
Pada bagian ini isi surat elektronik dibuat.ditampilkan. - Footer
Bagian footer pada surat elektronik dapat membantu untuk membangun konsistensi, dimana perusahaan dapat menempatkan rincian kontak yangmencakup nama dan kontak email perusahaan.
- Jangan biarkan kolom subjek kosong.
- Jangan mengirim surat elektronik dengan lampiran (attachment) yang terlalu besar (lebih dari 512 KB)
Merencanakan, Membuat, Menguji coba
dan Mendistribusikan Surat Eletronik untuk Pemasaran
Merencanakan
Dalam
melakukan pemasaran menggunakan surat elektronik langkah pertama yang harus
dilakukan adalah membuat perencanaan yang jelas, jelas disini artinya sesuai
dengan target yang ingin dicapai.
1) Tujuan
Tentukan tujuan pemasaran menggunakan surat elektronik dan pastikan terukur.
Tentukan tujuan pemasaran menggunakan surat elektronik dan pastikan terukur.
2) Kesesuaian antara strategi
pemasaran online dan offline
Pastikan
bahwa strategi online selaras dengan offline. Jika toko menjual baju renang
dengan diskon 10%, pastikan bahwa promosi di toko sesuai dengan promosi yang
ditawarkan secara online.
3) Konsistensi.
Ketika
merencanakan desain dan tata letak surat elektronik untuk pemasaran, penting
dipikirkan tentang efek jangka panjang pada konsumen.
4) Waktu dan frekuensi .
Pililah waktu yang tepat dalam mengirimkan surat elektronik komersial, sebaiknya hari kerja (senin - jumat) atau sebelum hari-hari besar / perayaan.
Target
yang ingin dicapai dalam pemasran menggunakan surat elektronik dapat dikelompokkan
menjadi 2 bagian, yaitu jangka panjang dan jangka pendek.
Untuk target jangka pendek, hal ini sejalan dengan tujuan surat elektronik promosi yaitu :
Untuk target jangka pendek, hal ini sejalan dengan tujuan surat elektronik promosi yaitu :
a) Pengguna melakukan pembelian.
b) Pengguna mengunduh whitepaper.
c) Pengguna meminta informasi
tambahan.
Sedangkan untuk sasaran jangka
panjang hal ini sejalan dengan tujuan surat elektronik nawala yang meliputi:
Jumlah
surat elektronik yang diakses / dibaca dari seluruh surat elektronik yang
dikirim (Openrate).
Jumlah
link yang dipilih/diakses (Click-through rate).
Jumlah
surat elektronik yang diteruskan (Number of e-mails forwarded)
Return on
investment (ROI)
Penambahan
data konsumen dalam basis data (Database growth)
Jumlah
sharingmlah pada sosial media (Number of social shares)
Jumlah
link yang dipilih untuk membuka web tujuan (Conversion rate (activity on your
site generated via email)).
b.
Membangun Basis data Konsumen
Ada
beberapa cara untuk mengembangkan basis data konsumen salah satunya adalah
membeli dari perusahaan penyedia basis data pengguna surat elektronik, caranya
sangat mudah yaitu tinggal mencari di mesin pencari Google dengan kata kunci “
email data bases”, contoh alamat penyedia surat elektronik basis data:
http://www.infousa.com/
http://www.worldemaildatabases.com/
http://dmdatabases.com/
Cara
lain untuk menambah basis data konsumen selain membeli dari penyedia basis data
adalah ketika konsumen berkunjung ke website dan melakukan pendaftaran untuk
mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produk yang ditawarkan. Agar kita
dapat menjaring data konsumen tanpa harus melanggar hukum yang berlaku yaitu:
1) Tambahkan link "teruskan ke teman" di bagian bawah surat elektronik untuk mendorong konsumen ikut mendistribusikan informasi kepada teman-temannya. Informasikan juga bahwa semua alamat surat elektronik yang diteruskan akan ditambahkan dan disimpan secara otomatis ke basis data.
2)
kata sign-up (daftar) dan berlangganan nawala(subscribes newsletter) dipasang
ditempat yang mudah dilihat pada halaman website. Pada saat konsumen mengisi
formulir pendaftaran berikan penjelasan dengan detail tentang kebijakan privasi
dan pengaturan spam agar konsumen dapat menerima surat elektronik yang
dikirimkan.
3)
Ketika berkomunikasi dengan konsumen baik melalui telepon atau surat
elektronik, Tawarkan sesuatu yang berharga secara gratis misalkan hadiah
voucher, dan tanyakan apakah mereka ingin berlangganan nawala (newsletter)
bulanan dan pastikan alamat surat elektronik sudah benar dengan memeriksa
sintaks.
4)
Menambahkan kotak berlangganan ke proses check out situs ritel.
5)
Gunakan interaksi pada pameran dagang untuk meminta alamat surat elektronik.
6)
Meminta alamat surat elektronik ketika konsumen berkunjung ke toko dengan
memberikan voucher diskon.
7)
Bergabung di sosial media dan memberikan link belangganan nawala sehingga
konsumen dapat berlangganan dengan mengisi formulir yang telah disiapkan.
8)
Lakukan riset konsumen online, lakukan pendekatan menggunakan surat elektronik,
beritahu di mana informasi konsumen tersebut didapatkan dan menjelaskan mengapa
Anda menghubungi mereka.
9)
Lakukan tes pengiriman surat elektronik untuk dapat dianalisa dan
menghasilkan hal yang terbaik untuk konsumen.
menghasilkan hal yang terbaik untuk konsumen.
10)
Meminta ijin konsumen untuk menambahkan alamat surat elektronik dan informasi
pribadi mereka ke dalam basis data. Informasikan kepada konsumen apa yang
mereka dapatkan dan seberapa sering mereka akan mendapatkannya termasuk apa
manfaatnya.
11)
Menambahkan link atau opsi unsub scribe dan signature. Link berhenti
berlangganan wajib ada disetiap surat elektronik yang dikirimkan. Basis data
konsumen harus terus berkembang dan bertambahah dengan data konsumen yang
memiliki prospek bagus. Basis data konsumen tersebut dapat terdiri dari banyak
tabel, salah satunya adalah tabel konsumen yang dapat berisikan record +record
diantaranya yaitu:
1) Nama lengkap dan Gelar
2) Tanggal Ijin pengiriman surat elektronik
3) Sumber ijin
4) Jenis kelamin
5) Negara
6) Alamat
7) Telepon
8) Surat elektronik
9) Tempat dan Tanggal lahir
10) Frekwensi (seberapa sering konsumen ingin dikirimi surat elektronik).
c. Merancang Desain dan Memilih Template
Beberapa aturan yang harus dipatuhi adalah:
Beberapa aturan yang harus dipatuhi adalah:
1) Gunakan HTML, tanpa CSS, Dalam
membuat template surat elektronik gunakan tabel untuk layout, tidak menggunakan
CSS untuk pengaturan tampilan.
Kode yang dibuat harus sesuai dengan aturan dari W3C ( www.w3.org). Membuat desain di Microsoft Word dan kemudian mengekspor kode ke HTML sangat tidak dianjurkan karena spam filter tidak menyukai hasil ekspor dari Microsoft Word ke HTML disebabkan membawa karakter khusus.
2) Mengatur lebar dan jarak setiap sel secara tetap.
Ketika hal ini tidak dilakukan, mail klien cenderung membuat surat elektronik sesuai dengan aturan sendiri (default) dan dapat merusak bentuk desain.
3) Jika Anda menggunakan warna latar belakang blok, pastikan untuk menyertakan 100 % lebar tabel untuk menutupi seluruh surat elektronik .
4) Typography,
Aturlah ukuran font lebih besar dari 9 px. Karena font dengan ukuran lebih kecil menjadi sulit untuk dilihat pada beberapa mail klien, Gunakan jenis huruf yang mudah dibaca seperti arial, Teks berwarna atau teks cahaya(glowing) mungkin terlihat secara visual mengesankan, tetapi sulit untuk dibaca dan dapat menyebabkan ketegangan mata konsumen. Jika pada bagian (tulisan) ada hal penting dapat menggunakan penebalan tulisan(Bold).
5) Gambar.
Penambahan gambar pada surat elektronik sangat baik dari segi keindahan dan daya tarik tapi pastikan ada “alt” tag untuk semua gambar.
6) CAPITALS.
Kode yang dibuat harus sesuai dengan aturan dari W3C ( www.w3.org). Membuat desain di Microsoft Word dan kemudian mengekspor kode ke HTML sangat tidak dianjurkan karena spam filter tidak menyukai hasil ekspor dari Microsoft Word ke HTML disebabkan membawa karakter khusus.
2) Mengatur lebar dan jarak setiap sel secara tetap.
Ketika hal ini tidak dilakukan, mail klien cenderung membuat surat elektronik sesuai dengan aturan sendiri (default) dan dapat merusak bentuk desain.
3) Jika Anda menggunakan warna latar belakang blok, pastikan untuk menyertakan 100 % lebar tabel untuk menutupi seluruh surat elektronik .
4) Typography,
Aturlah ukuran font lebih besar dari 9 px. Karena font dengan ukuran lebih kecil menjadi sulit untuk dilihat pada beberapa mail klien, Gunakan jenis huruf yang mudah dibaca seperti arial, Teks berwarna atau teks cahaya(glowing) mungkin terlihat secara visual mengesankan, tetapi sulit untuk dibaca dan dapat menyebabkan ketegangan mata konsumen. Jika pada bagian (tulisan) ada hal penting dapat menggunakan penebalan tulisan(Bold).
5) Gambar.
Penambahan gambar pada surat elektronik sangat baik dari segi keindahan dan daya tarik tapi pastikan ada “alt” tag untuk semua gambar.
6) CAPITALS.
Jangan menggunakan huruf kapital,
terutama di baris subjek.
7) Uji coba pengiriman surat
elektronik.
Jangan gunakan kata "test"
di baris subjek, terutama ketika mengirim surat elektronik uji coba ke beberapa
rekan atau konsumen. Pastikan bahwa administrator sistem tahu bahwa Anda
mengirimkan surat elektronik uji coba sehingga mereka dapat memasukan ke dalam
daftar putih (surat elektronik tidak dianggap sebagai spam dan diblokir).
Desain surat elektronik merupakan salah satu bagian terpenting yang harus dibuat menjadi satu kesatuan utuh, karena hal ini berdampak pada keberhasilan Anda dalam pemasaran menggunakan surat elektronik. Desain harus terdapat call to action agar konsumen dapat berinteraksi. Ada beberapa pertimbangan dalam mendesain surat elektronik untuk pemasaran diantaranya adalah:
1) Bentuk Tampilan
Dalam suatu penelitian telah ditemukan bahwa pengguna membaca atau memindai surat elektronik mengikuti bentuk F (Nielsen 2006).
2) Layout
Bantu konsumen dengan penataan isi surat elektronik ke dalam segmen, manfaatkan batas atau blok warna untuk menonjolkan dan membagi konten. Sangat penting untuk menyeimbangkan gambar dan teks dalam surat elektronik. Biasanya penempatan gambar berada di samping teks yang relevan.
Template surat elektronik adalah
layout desain siap pakai yang dapat digunakan untuk surat elektronik. Yang
perlu Anda lakukan adalah mengisi kontennya saja. Sangat banyak penyedia
layanan surat elektronik yang menawarkan template siap pakai terutama untuk
news letter. Membeli template surat elektronik memiliki keuntungan dan
kerugian. Salah satu keuntungannya adalah harga yang murah untuk usaha kecil,
fleksibel dan generik, kerugiannya tidak unik dan tidak mewakili brand suatu perusahaan.
Beberapa alamat penyedia template
surat elektronik gratis yaitu:
d. Merancang untuk Preview Pane
Banyak pengguna surat elektronik
menggunakan desktop client dalam mengelola surat elektronik mereka. Mengingat
banyaknya jumlah surat elektronik yang diterima setiap hari, maka banyak pula
surat elektronik yang tidak dibuka melainkan dilihat dalam panel pratinjau. Hal
ini menjadi tantangan bagi pengirim surat elektronik dalam membuat desain agar
surat elektronik ditampilkan dengan benar. Penggunaan gambar dan pengaturan
tata letak konten harus mempertimbangkan jendela pratinjau karena Preview panel
dapat berbentuk vertikal atau horisontal.
Tips untuk merancang untuk preview
pane :
Menentukan
lebar surat elektronik, yang terbaik adalah 600px untuk jendela preview pane
dan tinggi sekitar 300 px.
Menempatkan logo Anda menonjol dalam bagian kiri atas email dapat meningkatkan
citra merek .
Cobalah
untuk memasukkan Call to Action didalam area preview pane .
Dengan
cara itu, jika konsumen memilih untuk tidak membaca email Anda, mereka masih
akan melihat pesan utama Anda.
e. Merancang Surat elektronik untuk
Telepon Selular
Dengan meningkatnya penggunaan
smartphone, semakin banyak orang yang melihat surat elektronik mereka pada
smartphone. Di Amerika Serikat, 38,5% dari waktu pengaksesan mobile internet
digunakan untuk memeriksa surat elektronik (Nielsen, 2006). Hal ini menjadi
sebuah tantangan bagi pemasar karena layar ponsel lebih kecil dari komputer
(komputer pribadi) sehingga cara surat elektronik ditampilkan berbeda jauh,
tidak hanya itu, perangkat mobile yang beragam, tentunya menggunakan sistem
operasi dan aplikasi mobile yang berbeda pula, yang berarti setiap perangkat
tersebut memiliki standar pengaturan yang berbeda.
Hal yang paling penting untuk
diingat ketika merancang sebuah surat elektronik pemasaran untuk perangkat
mobile:
Ukuran
Layar jauh lebih kecil maka konten harus dibuat sesederhana mungkin dengan call
to action yang jelas.
Lebar
surat elektronik yang ideal 600px. perangkat smartphone ada yang memiliki lebar
sekitar 320px (iPhone) dan 480px (Android) jadi ketika Anda menetapkan lebar
gambar header harus di bawah 600px. Hindari scrolling horisontal,
Buat
link pada preheader surat elelktronik dalam bentuk teks yang dapat diklik dan
diarahkan ke versi HTML surat elektronik news letter Anda.
Desain
surat elektronik Anda dalam sistem grid. Ini berarti konten Anda harus
dilletakkan dalam blok vertikal dan horizontal sejajar,
Sertakan
teks alternatif untuk gambar Anda.
Perangkat
mobile yang tidak otomatis mengatur skala surat elektronik Anda ke bawah akan
menampilkan konten di sebelah kiri terlebih dahulu. Pastikan bahwa konten Anda
yang paling penting ditempatkan di sana.
Ukuran
Link Tombol kurang lebih 44 px agar terlihat baik pada ponsel .
Banyak
perangkat mobile memiliki layar sentuh. Maka penempatan link jangan berdekatan
karena akan susah untuk diklik menggunakan jari, Untuk hasil yang baik ukuran
link kurang lebih 30 s.d 45px, dengan margin minima l 15px. Dengan jarak l ink
seperti ini , maka akan mudah bagi pengguna layar sentuh untuk menindaklanjuti
Call to Action.
f. Merancang Call to action
Ketika anda membuat Surat elektronik untuk pemasaran, Jangan lupa menempatkan call to action, bagian ini berisi interaksi dengan konsumen. Call to action dapat berupa teks hyperlink (disebut teks link), atau gambar yang terlihat seperti tombol. Menurut Email Experience Council, 72% suara dari pemasar surat elektronik, menyatakan bahwa, tombol lebih baik daripada link teks (Email Experience Council 2007).
Catatan:
Hati-hati dalam menggunakan
gambar sebagai tombol karena jika gambar diblokir otomatis tombol anda
juga ikut terblokir.
g. Membuat Konten
g. Membuat Konten
Salah satu keberhasilan pemasaran menggunakan surat elektronik yaitu isi surat elektronik memiliki nilai penting dan relevan untuk pembaca / konsumen. Konten berharga harus informatif, memberikan solusi bukan masalah, sesuai kebutuhan konsumen. Baik buruknya konten surat elektronik ditentukan oleh konsumen oleh karena itu hal tersebut harus menjadi perhatian khusus para pemasar. Konten surat elektronik dapat berisikan:
humor
penelitian
informasi
promosi
konten eksklusif
h. Uji Coba
Desain
surat elekronik yang telah dibuat harus dilakukan pengujian, hal ini bertujuan
agar desain yang telah dibuat dapat tampil dengan sempurna disemua aplikasi
(webmail dan mail klien). Surat elektronik dapat diuji di alamat:
https://litmus.com/
Ada
beberapa komponen surat elektronik yang diujikan jika anda akan melakukan
kampaye yaitu :
Baris
subjek
Asal
pengirim
Waktu
pengiriman (hari dan jam)
Frekwensi
Gambar
(statis atau animasi) termasuk rasio antara gambar dan teks
Typografy(jenis
huruf dan warna)
Link dan
tombol ( Call to action)
Personalisasi
Berhenti
belangganan (Unsubscribe)
Halaman
yang dituju ketika link di klik (Landing page)
Tata letak
Sistem
pelacakan surat elektronik menghasilkan statistik yang user friendly dan cara
pengukurannya mengikuti kinerja kampanye surat elektronik yang meliputi :
Jumlah
surat elektronik yang dikirim.
Jumlah
bouncing (surat elektronik yang dikembalikan) .
Jumlah
surat elektronik dibuka dan surat elektronik sampai, tetapi tidak
dibuka .
Berhenti
berlangganan
Teruskan
ke teman,
Tingkat
klik+ tayang dan konversi
Beberapa web untuk menguji surat
elektronik Anda yaitu:
Memeriksa Status web pusat Surat
elektronik dapat dilakukan di
http://emailstatcenter.com
2) Menguji kompatibilatas surat
elektronik pada mail klien dan ponsel dapat dilakukan di
http://www.emailonacid.com/ atau di www.litmus.com
3) Memeriksa Spam skor sebuah surat
elektronik dapat dilakukan di: http://spamassassin.apache.org
4) Memeriksa Skor reputasi Sebuah
surat elektronik dapat dilakukan di www.senderscore.org.
5) Memverifikasi surat elektronik
agar sesuai dengan aturan privasi surat elektronik internasional dapat
dilakukan di ReturnPath and Trust-e (www.returnpath.net dan www.truste.com) .
email white list adalah daftar
kontak surat yang diperbolehkan diterima oleh pengguna dan tidak akan dimasukan
kedalam bulk mail.
Distribusi/Penyebaran
Dengan
membuat konten bernilai, merancang desain yang tepat dan melakukan
pengujian
surat elektronik maka keberhasilan kampanye pemasaran menggunakan surat
elektronik sudah ditangan Anda. Pengujian akan memandu Anda mengetahui kapan
waktu yang terbaik untuk mengirim surat elektronik.
Hal
lain yang harus diperhatikan adalah skor reputasi, Jika skor pengirim termasuk
dalam ambang batas ISP ( Internet Service Provider), pengirim pesan akan
dikirim ke kotak masuk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar